LAPORAN INDIKATOR MUTU
RS DOKTER ADAM TALIB

Indikator mutu
       RS Rumah Sakit Dokter Adam Talib selalu berupaya untuk melakukan tinjauan dan monitoring setiap aspek pelayanannya. Salah satunya adalah dengan melakukan pemantauan berdasarkan data pelayanan, termasuk data indikator mutu.

Sebagai pemberi layanan kesehatan yang berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan, RS Dokter Adam Talib selalu berupaya untuk melakukan tinjauan dan monitoring setiap aspek pelayanannya. Salah satunya adalah dengan melakukan pemantauan berdasarkan data pelayanan, termasuk data indikator mutu. Data indikator ini akan diolah menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan menjadi lebih produktif, transparan, tertib, cepat, mudah, akurat, terpadu, aman dan efisien. Data indikator mutu ini juga mempunyai tujuan khusus yaitu memperlancar dan mempermudah pembentukan kebijakan dalam meningkatkan sistem pelayanan kesehatan di RS Dokter Adam Talib, diantaranya adalah standar pelayanan.

Indikator, standar, dan mutu adalah tiga hal yang berbeda. Suatu pelayanan dikatakan bermutu dalam dimensi tertentu apabila indikator pelayanan mencapai atau melampaui suatu standar tertentu. Mutu, dengan demikian tidak akan tercapai tanpa suatu perencanaan dan wawasan yang terkait dengan mutu tersebut. Dengan kata lain, bila kita menginginkan pelayanan yang bermutu di rumah sakit, maka manajemen rumah sakit perlu memperluas wawasan mengenai mutu pelayanan tersebut dan merencanakan serangkaian aksi untuk mencapai suatu tingkat atau standar tertentu. Pencapaian atas aksi-aksi tersebut diukur dengan indikator

RS Dokter Adam Talib berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pasien di semua bidang,  perawatan pasien yang berkualitas dan mengelola risiko. RS Dokter Adam Talib juga terus berfokus pada peningkatan untuk menjadi terdepan dalam pemberian perawatan kesehatan. Untuk tujuan ini pengelolaan indikator mutu menjadi penting, karena indikator mutu merupakan salah satu alat dalam sistem manajemen mutu untuk memantau dan mengontrol unsur efisiensi dari sebuah sistem, sedangkan hasil yang dikumpulkan berfungsi sebagai dasar untuk penerapan tindakan korektif dan peningkatan kualitas berkelanjutan.

RS Dokter Adam Talib membentuk Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) untuk melakukan evaluasi terhadap indikator mutu melalui beberapa tahapan cycle quality improvement. Sebelum melakukan evaluasi indikator mutu, Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) bersama Tim Mutu rumah sakit akan membuat evaluasi sebagai pertimbangan dalam menetapkan kriteria prioritas indikator mutu yaitu high risk, high volume, dan problem prone.

 

Kepatuhan Kebersihan Tangan
Kepatuhan Penggunaan APD
Kepatuhan Identifikasi Pasien
Waktu Tanggap Operasi Seksio Sesarea Emergensi
Waktu Tunggu Rawat Jalan
Penundaan Operasi Elektif
Ketepatan Waktu Visite Dokter
Pelaporan Hasil Kritis Laboratorium
Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional
Kepatuhan Terhadap Alur klinis
Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Pasien Jatuh
Kecepatan Waktu Tanggap Komplain
Kepuasan Pasien
Previous
Next
Gulir ke Atas