Indikator mutu
RS Rumah Sakit Dokter Adam Talib selalu berupaya untuk melakukan tinjauan dan monitoring setiap aspek pelayanannya. Salah satunya adalah dengan melakukan pemantauan berdasarkan data pelayanan, termasuk data indikator mutu.
Sebagai pemberi layanan kesehatan yang berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan, RS Dokter Adam Talib selalu berupaya untuk melakukan tinjauan dan monitoring setiap aspek pelayanannya. Salah satunya adalah dengan melakukan pemantauan berdasarkan data pelayanan, termasuk data indikator mutu. Data indikator ini akan diolah menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan menjadi lebih produktif, transparan, tertib, cepat, mudah, akurat, terpadu, aman dan efisien. Data indikator mutu ini juga mempunyai tujuan khusus yaitu memperlancar dan mempermudah pembentukan kebijakan dalam meningkatkan sistem pelayanan kesehatan di RS Dokter Adam Talib, diantaranya adalah standar pelayanan.
Indikator, standar, dan mutu adalah tiga hal yang berbeda. Suatu pelayanan dikatakan bermutu dalam dimensi tertentu apabila indikator pelayanan mencapai atau melampaui suatu standar tertentu. Mutu, dengan demikian tidak akan tercapai tanpa suatu perencanaan dan wawasan yang terkait dengan mutu tersebut. Dengan kata lain, bila kita menginginkan pelayanan yang bermutu di rumah sakit, maka manajemen rumah sakit perlu memperluas wawasan mengenai mutu pelayanan tersebut dan merencanakan serangkaian aksi untuk mencapai suatu tingkat atau standar tertentu. Pencapaian atas aksi-aksi tersebut diukur dengan indikator
RS Dokter Adam Talib berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pasien di semua bidang, perawatan pasien yang berkualitas dan mengelola risiko. RS Dokter Adam Talib juga terus berfokus pada peningkatan untuk menjadi terdepan dalam pemberian perawatan kesehatan. Untuk tujuan ini pengelolaan indikator mutu menjadi penting, karena indikator mutu merupakan salah satu alat dalam sistem manajemen mutu untuk memantau dan mengontrol unsur efisiensi dari sebuah sistem, sedangkan hasil yang dikumpulkan berfungsi sebagai dasar untuk penerapan tindakan korektif dan peningkatan kualitas berkelanjutan.
RS Dokter Adam Talib membentuk Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) untuk melakukan evaluasi terhadap indikator mutu melalui beberapa tahapan cycle quality improvement. Sebelum melakukan evaluasi indikator mutu, Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) bersama Tim Mutu rumah sakit akan membuat evaluasi sebagai pertimbangan dalam menetapkan kriteria prioritas indikator mutu yaitu high risk, high volume, dan problem prone.
Dari grafik di atas, persentase pencapaiannya adalah 100% sama dengan bulan April, ini menunjukan kepatuhan petugas kesehatan baik medis maupun non medis dalam melakukan kebersihan tangan sudah patuh
Dari grafik di atas, persentase pencapaian sama dengan bulan April dan mencapai target 100%. Kepatuhan penggunaan APD di RS Dokter Adam Talib sesuai dengan target.
Dari grafik di atas persentase pencapaian masih sama dengan bulan April yaitu 100%. Petugas kesehatan selalu menanyakan nama dan tanggal lahir saat akan memberikan tindakan pelayanan di RS Dokter Adam Talib
Dari grafik di atas menunjukan persentase 0%. Karena tidak ada pasien yang membutuhkan tindakan SC Emergency.
Dari grafik di atas, menunjukan waktu tunggu rawat jalan adalah 95,1% sudah melebihi target. Ini menunjukan pasien mendapatkan pelayanan yang cepat ketika datang berobat ke RS Dokter Adam Talib.
Dari grafik di atas, persentase masih sama dengan bulan April menunjukan tidak adanya penundaan operasi elektif lebih dari satu jam.
Dari grafik di atas persentasi adalah 90,4%, menunjukan kepatuhan Dokter Spesialis (DPJP) untuk melakukan visite ke pasien sesuai waktu yang sudah ditentukan sesuai kontrak dengan Rumah Sakit.
Dari grafik di atas, menunjukan pelaporan hasil laboratorium kritis persentasenya adalah 0% atau tak terhingga sama dengan bulan April karena tidak ada nilai kritis pada bulan Mei jadi tidak bisa di nilai.
Dari grafik di atas, menunjukan kepatuhan penggunaan Formularium Nasional sudah di atas target wajib >80%.
Dari data grafik diatas, persentase 100% masih sama dengan bulan April dan sudah di atas target indikator nasional mutu. Tetap harus dilakukan pemantauan supaya tetap sesuai dengan alur klinis pelayanan.
Dari grafik di atas, persentasenya 100% hasilnya masih sama dengan bulan April. Petugas masih patuh dalam menggunakan asesmen awal, asesmen ulang dan edukasi terkait resiko jatuh.
Dari persentase diatas dapat dilihat persentase hanya 0% dikarenakan tidak adanya komplain terkait pelayanan atau sarana prasarana di Rumah Sakit Dokter Adam Talib sama dengan Januari.
Dari grafik di atas, persentase kepuasan pasien adalah 86,68% sudah di atas skor yang ditentukan oleh Kemenkes
Ada yang bisa kami bantu ?
Klik Link berikut untuk Pendaftarn Online